Life as Collegiate Programmer

Hi All!

Malem-malem, saat hari uda mau berganti, di tengah berbagai kegalauan, gw mau berbagi sedikit cerita tentang kehidupan gw nih sekaligus melepas kegalauan karena timnas U-23 blm berhasil dapet emas 😦 Tapi gw yakin Indonesia bakal lebih baik lagi kedepannya πŸ˜‰

Anw, sedikit mau klarifikasi aja krn beberapa ada yang nanya gw kuliah dimana. Sekarang ini gw kuliah di Binus jurusan uda pasti CS donk πŸ™‚ banyak juga yang nanya knp gw ga nyari di luar aja, mestinya jalan uda mulus. well, sebenernya gw uda pengen ke luar yaitu ke singapur, tapi karena ada sedikit masalah yang mungkin karena mepetnya jadwal IOI ama mulai kuliah ajaran baru disana gw g jadi disana deh. Terus mengenai apakah gw taun depan bakal kuliah ke luar, sejujurnya gw masih galau. bnyak hal yang harus dipertimbangkan. Gw bakal jalanin dlu aja ke mana Tuhan menuntun. πŸ™‚

O iy di binus ini gw banyak dapetin hal baru juga deh. bukan maksud promosi sih, tpi gw ga mau aja nyeritain hal-hal negatif nya disini, secara kita harus be positive man! πŸ˜‰ Disini, gw tinggal di Binus Square, not recommended kl diliat dari berbagai sisi selain dapet banyak temen :P. untuk segi pembelajarannya serasa nostalgia deh, disini diajarin nya C which means TOKI-er mestinya uda bisa lah ya. paling-paling yg susah yg hafalan2 aja >.<

Di binus banyak kegiatan kemahasiswaan yang bagus-bagus πŸ˜€ meskipun bnyk yg perlu merogoh kocek dan usaha2 lebih laennya yg ga sesuai ama marketing binus pernah bilang, tpi dari yang gw ikutin itu worthed lah. Contohnya aja gw masuk klub jepang dan sekarang uda 'menyentuh' igo secara langsung! *katrok* trus blajar bahasanya juga bner2 kyk les, jadi it's equivalent trade lah. dan denger2 utk klub Inggris nya itu uda mapan banget, ada klub debate nya yang terkenal jago. Berita ini gw denger bkn dari dalem binus ya, kl dari dalem binus sih bisa dipertanyakan kebenarannya πŸ˜› Gw juga ikut Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (Paramabira) yang prestasinya juga ga main-main lah. Pelatihnya juga bisa dibilang dewa lah. meskipun artinya persaingannya susah 😦

Kegiatan lainnya yang gw ikuti yaitu kegiatan kerohaniannya binus. Beberapa waktu yang lalu gw ngikutin kamping nya dengan tema Refresh Our Dream. Well, di moment itu sejujurnya minat ngoding gw kembali lagi! meski cuma sbntar trus surut lagi sih ^.^a Tapi ada hal keren yg gw pelajari. Ternyata orang itu kl bercanda, sebenernya 60% itu serius dan 40% asal-asalan. Wow, gw pribadi ga ngira gitu sih, tpi kalo dipikir-pikir kadang-kadang becandaan kita emang ada maksud serius nya. Yah meskipun kl gw malah seringan 100% ngaco sih =.=” Ini juga yang membuat gw sadar, kayaknya gw sering salah berkata-kata nih ama orang 😦 yang baru kejadian itu pas hari minggu kmaren pas event BNPC HS (Binus Programming Contest for High-School). Gw uda ngucapin selamat ternyata org nya ga jadi menang. aduh ngaco banget gw. #maaf oTL mgkn sebelum-sebelumnya gw sering berkata-kata ngaco ke yang lain #maaflagi, tpi gw bakal berusaha merubah itu deh biar makin dewasa dan ga ababil, hhe.

Anw, dengan kegiatan-kegiatan gw ini kyk nya ga nampak sisi programmer nya deh. Biasanya kan programmer identik dengan ngoding, pas malming pacaran ama compiler, dkk. πŸ˜› Well, ga semua programmer kyk gitu juga sih, contohnya gw #Pede. Padahal kenyataannya ini uda H-3 gw berangkat ke Taiwan tapi gw masih belum siap apa-apa *sigh*. O iy gw juga ud berkomitmen, kl seandainya by some chance and luck I could be a World Finalist ACM-ICPC, gw bakal ttep di binus deh. BeeCalibur bisa! πŸ™‚ O iy, sekedar informasi, nama tim gw selalu memiliki filosofi, kyk FlyingBee / ApisVolans, dengan maksud biar bisa terbang tinggi dengan gagahnya. BeeCalibur? Bee with Excalibur (bagi yg ga tau Excalibur silahkan googling) ^.^

Trus gmn kl seandainya ngga ke WF? Ya belum tentu juga gw keluar dari binus πŸ˜› Intinya gw masih galau. Galau dengan kuliah, galau ama Indonesia, galau ama si dia yang sepertinya ngasih respon negatif, dan galau-galau yang lainnya lah. Tapi semuanya itu ku serahkan ke Dia, karena ada tertulis “Marilah kepada-Ku semua yang letih, lesu, dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu”. πŸ˜‰

GBU all.

By lintaor1 Posted in Other

Final ITBSPC 2011

Hi all!!

Akhirnya gw nge post lagi setelah lama ga kesampaian. Beberapa hari yang lalu, tim gw (FlyingBee – gw, sicasli, shien) baru aja menang di ITB Senior Programming Contest 2011. *thx God πŸ™‚ Bangga donk tentu nya, apalagi bisa ngalahin tim terkompak se-Indo yaitu saklar, meski mereka cuma 2/3 kekuatannya sih kmaren. Padahal team note aja baru paginya di fotocopy. *mski ga kepake juga sih πŸ˜›

Anw, langsung aja ke soal nya deh. Total ada 9 soal, FlyingBee solve 7 soal. ada 8 soal sih yg seems possible for us, tpi semua berubah ketika ternyata ada testcase yg ga pake ‘\n’. Emang sih dari deskripsi format i/o uda bener, tpi itu bkn standard kontes lah. Alhasil submitan ke 11 ato 12 gitu baru AC. >.<

Soal ITBSPC 2011

P1: Kelereng Pak Ganesh
Katanya sih soal ini bisa di simulasiin biasa, tpi gw ngesolve nya pake linked list yg nyimpen warna ama bnyk kelereng berderet warna tsb. Jadi tiap kali nge insert dy bakal nyari dari head sampe ketemu, trus di +1 jumlahnya. Slama node yg skrg melebihi n di buang2in aja.
disini gw smpet nge bug bodoh. gw slalu cetak “Case #T+1: “, dan bodohnya ampe 3 kali submit gw blm sadar .. =.=

P2: Lomba Lari Gawang gila
Di soal ini tim gw g AC. Gw baca soal ini di 10 mnt trakhir, uda kepikiran caranya tpi ga tau deh bner ato ngga. Pas waktu dibahas, katanya ini soal pake matrix multiplication utk cari minimum. well, gw ga ngerti dah itu gmn. =.=”

P3: Substree
Ada sdikit skandal yang terjadi di soal ini. Ada submission yg uda AC (baru sbntar sih) trus tiba2 di rejudge. G ada pemberitahuan apa-apa pula. Mnurut gw sih ini kurang profesional nanganin nya. Katanya sih itu disubmit pas lagi update testcase. Kl emang gitu mestinya di block dlu donk submission utk soal ini, ato paling ngga kasih tau di pengumuman utk jangan kumpul ato apalah. Kl kayak gini sama aja kayak Warrior yang uda seneng bisa bunuh musuhnya tiba2 bangkit dari kuburnya. Down banget pasti mental warrior itu.

Anw, utk soal ini, gw pake KMP biasa, TLE (obvious lah). Gw simpen jadi kyk DP, MLE (wajar juga lah). Akhirnya gw optimisasi dengan nge cek, apakah masih valid utk dilanjutin ato ngga. valid disini maksudnya apakah kedalaman node di sub-trie saat ini masih mencukupi utk menjadi jawaban. Optimisasi ini mnurut gw nurunin kompleksitas yg berasa banget, gw ga tau pasti nya tpi yang pasti jauh lebih rendah dari KMP biasa O( N + M * Jml_leaf ) yang upper_boundnya 100000^2.
Denger” sih soal ini mestinya pake “KMP Online”.

P4: Kotak dan Kartu
Soal bonus di lomba ini. Smua peserta final dapat mengerjakan soal ini. Soal matik gampang, dengan sedikit analisa bisa mendapatkan O(1) nya. Intinya, kita membuat smua kotak berisi kartu serata mungkin.

P5: Pool Filling
Soal ini di AC kan oleh saya, dengan mensubmit jawaban sicasli tanpa di test ato dirubah sdikitpun. Lho kok bisa? ya bisa aja, stelah gw kasih tau optimisasi kode2 nya dmn aja dan sudah dirubah ama sicasli, orng nya lgsg ke WC. ya uda deh gw yg klik submit. Eh AC!! πŸ˜›

P6: Love Hate Graph
Well, gw pas baca paragraph pertama tiba2 sicasli uda AC di soal ini, ya uda gw skip. πŸ˜› Soal ini katanya sih disjoint set biasa, asal nemuin cara jadiin disjoint set nya. Utk lebih jelasnya liat blog nya sicasli.

P7: Rekonstruksi Array
Salah satu soal yang menarik di kontes kali ini. Misalkan jumlah Ea sampai Eb adalah c, maka gw bisa mengaggap dari node b ke node a-1 memiliki bobot c, dan dari a-1 ke b berbobot -c. (S[b] – S[a-1] = c, S[x] adalah jumlah seluruh Elemen dari elemen pertama hingga elemen ke x). setelah itu kita dapat melakukan BFS dari sebuah titik, anggap titik i. anggap j adalah titik yang dikunjugi dari bfs ini, maka dapat kita ketahui nilai S[j] – S[i] = bobot dari i ke j. jika dari BFS ini didapatkan nilai (S[j] – S[i]) dan (S[j-1] – S[i]) maka kita mendapatkan nilai E[j] dengan mengurangi kedua nilai tersebut. Ingat pada awalnya nilai yang diketahui adalah E[0] dan S[0]. Ingat juga bahwa graph yang terbentuk dari input bisa memiliki banyak komponen.

Untuk soal ini gw first shot lho,, akurasi ngoding gw meningkat!! πŸ˜€

P8: Surat Tantangan
Salah satu soal yang semestinya menjadi bonus juga. tapi karena format i/o yang tidak biasa dijumpai saat lomba, bnyk tim yang terkecoh dengan tetap memprint ‘\n’. Soal ini dikerjakan oleh sicasli, krn ga AC-AC gw ngoding juga, trus di revisi sicasli, masih blm AC, gw baca soal lagi, ga ada kata “Sebuah baris” di format outputnya!! =.=” artinya ga pake ‘\n’

P9: Photo Cropping
Soal tersusah di kontes ini. Ga AC juga disoal ini, termasuk ngebaca aja baru 10 mnt trakhir. πŸ˜› Denger2 ni soal pake SegmenTree + Linesweep.

top5

Setelah lomba ini selesai ada Toki Gathering bersama para alumni TOKI dan TOKIers 2012 yang sedang mengikuti Pelatnas 1. Pelatnas kali ini lebih enak transport, makanan and tempatnya. Untuk makanan ama tempat latiannya jelas ngiri lah, tpi utk transport nya kayaknya ga terlalu ngiri juga. krn setelah dipikir2 jalan bareng dari gedung itb ke depan nyari angkot pnya kesan tersendiri bagi gw. πŸ™‚

Overall, mnurut gw ni kontes bagus, berjalan lancar, meskipun ada beberapa kekurangan teknis yang ditangani nya masih belum profesional. Tapi bisa dimaklumi lah, secara ini baru taun kedua, lagian non-teknis nya uda bagus. *kecuali pas TOKI Gathering, foto gw blur smua >.<

Well, kyk nya sekian dlu deh. Yang penting gw bisa nge blogging lagi dah.. πŸ˜€

Pembahasan Sicasli

~ Hoping for the Best by Anticipating the Worst ~

IOI 2011 – Part II

Prequel IOI 2011 : not even a target accomplished – Part I

Contest Day 2

Yup, the most decisive day has just begun. We didn’t come late, we have been on the seat for approx. 15 minutes before contest starts. kalau di hari pertama uda keluar yang klasik nya, sekarang giliran yang aneh2 pastinya. Awalnya ngira bakal susah, ya memang susah sih, tpi ternyata seru banget (kcuali elephant)! πŸ˜€ aplgi soal parrot! mgkn kalau gw cuma ikuti kata hati gw bakal ngutak-ngutek problem ini selama mungkin. πŸ™‚

o iy sebelumnya, gw bakal ngebahas segmen ini dengan beberapa bahasa yg mgkn tidak dimengerti oleh orang pada umumnya.

di day 2 ini, setelah analysis phase, gw ngitung skor gw 220. wuih canggih! padahal gw baru smpet mikirin sbntar. di orat-oret crocodile solve 2 of 3 subtasks (89), elephant 3/5 (50), parrot 4/5 (81). Berhubung 220 termasuk tinggi, gw lgsg hajar aja dari parrot, crocodile, trus elephant. Pas ngoding yang parrot gw lgsg kepikiran solusi subtask terakhir nya utk 5-7pts, lgsg gw hajar pula, eh ternyata ga dapet apa padahal gw yakin banget. drpada buang waktu gw lnjt ke crocodile, dan dapet expected points (89). lgsg lanjut ke elephant. Gw kaget banget cuma dapet 2 subtasks alias 26 points. padahal kompleksitas prog gw utk subtask 3 itu O(50rb * 50rb), O(250jt). batasan nya padahal 9 detik, O(900jt). hmm, ada yg aneh ga sih? 50rb*50rb = 250 jt? salah woi!! mestinya 2500jt alias emang uda salah dari sononya! aaaaarrgh, gw ngabisin waktu ampe lbih dari sejam gara2 salah itung ini!! sial!!

waktu tinggal sejam lagi. point gw sementara 196 (81 + 89 + 26). yg masih mungkin untuk dikejar sekarang 5-7 pts dari parrot, 11 pts crocodile, 24 pts elephant. lgsg deh yg muncul di pikiran gw, “5-7 pts? apalah artinya, toh ga merubah medali. 11 pts? lumayan, tpi 24 pts lebih meyakinkan deh, ada sejam, bisa lah.” akhirnya gw hajar elephant. eh 30 mnt g ada secercah hint pun yg muncul di otak, gw putusin ganti ke crocodile, berhubung point nya lumayan juga. Nah disini bnernya hati gw uda merengek-rengek pengen ngerjain parrot, tpi berdasar pemikiran gw mending kerjain yang laen. dan akhir nya ampe waktu berakhir, ga ada tambahan 1 point pun yg gw dapat. T.T

sebelum keluar, gw sempet nanya-nanya skor anak indo yg laen, tpi si jessica ga mau jawab. lesu n pucet banget wajahnya. dy juga smpet bilang ga berani keluar ruangan. 😦

bberapa saat kemudian, contestant bisa liat hasilnya. pas ini si Jessica ngilang (katanya ke WC sih, tpi lama banget). Dari skor didapet 2 perunggu untuk Indo taun ini. What? cuma 2?! 😦 dan lebih lagi, skor gw cuma beda 4 dari border silver (which is 1 of my targets to get silver)! *aaaaaaaaa*, it felt terrible!!

Huff, nasi sudah jadi bubur. uda g ada yg bisa dilakuin lagi. jadi kita smua mau lanjut jalan-jalan ke Ripley’s dan ga ikut sesi appeal (yg mgkn bisa ningkatin nile gw kalau ternyata ada ssuatu yang salah dari juri utk solusi parrot gw). gw bimbang tuh mw ikutan atau nda, dan atas bujukan k risan n k brian gw mutusin utk ikutan appeal sebentar aja dan lnjut jalan2. Di sesi appeal, gw copy testcase ama solusinya, dan sempet ngecek sbntar ama program bikinan gw dan sepertinya memang prog gw yang salah.

selesai dari ripley’s, malam harinya, gw ngecek kesalahan program gw. Ternyata cuma lupa geser 1 bit ke kanan!! sial!! hilang 7 points!! Gw jadi susah tidur gara2 ini. Dan sepertinya gw ga bakal bisa melupakan hal ini. T.T

————————————————————————————————————————————-
Excursion Day 2

Somehow, hari udah berganti. excursion to ancient city. Nothing special here. We learned many things about Thai’s history. I also bought a small bag and traditional Thai’s cup.
GoF-Ancient_City

————————————————————————————————————————————-
Closing – Awards Day

ceremony nya dimulai sore sih, jadi pagi nya kita seru-seruan ngikutin acara yg dibikin ama guide nya. πŸ™‚

saat ceremony, gw entah kenapa ga bisa senyum tulus di beberapa kesempatan. Selesai ceremony, kita ke farewell party. disini saatnya hunting org2 untuk diajak foto bareng + bagi2 suvenir.

Indonesia_x_Albania
with chopstick guys πŸ˜›

selesai makan2, kita ngelanjutin keseruan nya bareng temen-temen Albania dan India. mulai dari main tebak2an ibukota negara, posisi negara, dan yang paling akhir main ‘mafia’. kl di Indo mungkin disebut nya ‘werewolf’ kali ya. seru banget deh mainnya, semua nya akting2 gitu. bahkan si yegar sampe menganalisa secara subjektif. alhasil semua balik kamar jam 3 pagi deh. πŸ˜›

Mafia

————————————————————————————————————————————-
Departure Day

ga bnyak yg bisa diceritain disini. paling cuma pas waktu kedatangan disambut ama bonek dan orang2 dinas, tpi di tunggu nya di daerah kebereangkatan, jadi mesti keluar dlu trus masuk lagi deh baru bisa foto2 .. πŸ˜›

————————————————————————————————————————————-

yah mungkin sekian aja deh, ga nyadar uda mw 800 words. semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca deh. dan bagi yg pengen tau segala macem tentang ioi2011 ini (test data, solution, result), silahkan di buka di ioi2011.or.th

Maju terus Indonesia!!
God Bless Us.

“let past become the experience to choose wisely in the present for a better future” – lintaor1

IOI 2011 : not even a target accomplished – Part I

bukannya gw sombong atau gimana, tpi sejujurnya sebelum ke Thai gw uda nulisin 3 hal yg ingin gw capai, yet nothing was accomplished. and even more, it was just 1 bit yg menggagalkan salah satu targetku. 😦

well, it’s a competition after all. Dan masih banyak juga mereka yang tidak seberuntung gw, jdi tidak sepantasnya kalau gw mengeluh setelah mendapatkan perunggu. okeh, mgkn gw akan berbagi pengalaman aja deh, semoga ada yg bisa di petik dari keseruan-keseruan yg gw alami.

keseruan yg gw alami sebenernya uda di mulai dari masih di Indonesia, tepatnya di karawaci. Waktu itu, taxinya datengnya telat banget, jadi gw telat deh ke bandara. *Lho kok bisa?* Y bisa dunks, gw gituh πŸ˜› ngga ngga, jadi gini, bokap gw punya nomor pribadi supir taxi yg uda bbrapa x di telpn datengnya ontime, jadi di telpn deh malem sebelumnya sktar jam 9 sama bokap biar jam stgh 7 pagi sampe sini. eh ternyata dy malah ngecewain, sampe jam stgh 8 blm dateng-dateng! dan akhir nya sukses membuat gw panik deh. >.<

————————————————————————————————————————————-
Arrival Day

Ketemu ama orang2 Indo yg di Thai, guide pun org Indo, jadi enak deh ngobrolnya. πŸ™‚ kak Yura ama kak Yegar namanya. lanjut ke pembagian kamar, gw dapet sekamar ama reinhart di lt.2, sementara jessica n gozali ama orang Vietnam di lt.4. Sesampainya di kamar, anjrit kamar mandinya kul parah, bisa diliat dari luar!! ga bisa dikunci pula! parah deh WC nya, padahal fasilitas laennya udah keren, kecuali view nya sih, building-view. >.<
karna gambarnya lonjong, yg penasaran ama WC nya bisa diunduh disini

————————————————————————————————————————————-
Opening – Practice Day

Seperti biasa, pasti ada Opening ceremony nya. Disini disuguhin bbrapa hiburan, yg paling bagus itu Thai boxing yg dibikin kayak cerita, dan lawanya itu animasi bayangan. si performer bisa kompak sama bayangan itu, hebat deh! Practice session, no much to talk about this, mgkn serunya ngeliat si anak kecil 13 tahun dari Armenia yg imut-imut gitu tapi uda bisa ngoding! πŸ˜€
bocah

————————————————————————————————————————————-
Contest Day 1

dateng ke exhibition hall nya uda 10-5 mnt sblm contest padahal, tpi ga boleh masuk gara2 ga bawa snack gara2 persediaan snack habis, aneh. jadi kontes dimulai dengan waktu diundur 5 menit deh. Dan karena ini juga, tim Indo begitu duduk lgsg mulai ngerjain soal, dan pastilah blm siap mental, gw aja buka soal geter2 dan rada lama jadinya. Terpaksa deh nenangin diri dlu utk 20-30 mnit pertama.

Soal Day 1, classical smua. Meskipun gitu juga gw cuma bisa AC 1, dan 2 lainya parsial kecil =.=” Day 1 berakhir dengan 17 fullscorer. hasil sementara, gw ada di #79-99, Jessica & Rein #117-145, dan Gozali #158-178. Masih lumayan cerah untuk clean sheet. πŸ™‚

————————————————————————————————————————————-
Excursion Day 1

Pergi ke Nong Nooch Tropical Garden. Keren Pemandangannya, Gajah nya dilatih jadi pinter2, bisa nglakuin macem2. Dan yg paling pinter itu gajah yg nginjek ‘anu’ nya Reinhart. πŸ˜›
gajah_x_sicasli

to be continued ..
Sequel: IOI 2011 – Part II

Sekolah, atau Olimpiade?

Hi All!! Sudah lama ni saya ngga posting, rindu banget untuk nge post lagi. (Padahal baru juga bbrpa kali post. :P) Disini sy mw bercerita mengenai pengalaman sy di dunia olimpiade informatika (komputer), terutama yg baru saja saya lewati, pelatihan nasional tahap 3, dan juga berbagai β€˜tantangan’ yg dihadapi. Kenapa saya menggunakan tanda petik? Soalnya tantangan yg saya maksud disini bkn tantangan dalam mengerjakan soal-soal olimpiade, tapi dilemma utk menjalani kehidupan SMA pada umumnya atau menjadi seorang petarung di arena olimpiade. Saya ceritanya sesuai mood aja ya, jadi maaf kl ada kenapa2, termasuk kl ga sesuai ama judulnya, hhe. πŸ˜›

Langsung aja deh. Di Indonesia, untuk menjadi seorang anggota Tim Olimpiade harus melewati beberapa tahap seleksi, mulai dari tingkat sekolah, kota, provinsi, hingga nasional yang kita kenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Di OSN ini, akan terpilih 30 siswa terbaik peraih medali untuk kemudian diseleksi lagi melalui beberapa tahap Pelatihan Nasional (Pelatnas) yg diakhir tahap ini akan terpilih siswa-siswi wakil Indonesia untuk ajang internasional. Ada beberapa bidang yang dilombakan, salah satunya yg saya geluti adalah bidang informatika.

Mulai mengenal pascal sejak smp kelas 3, wih canggih juga ya saya, padahal saya tinggal di daerah yang notabene pelajaran pemrograman itu ga ada di kurikulum, bangga!! πŸ˜€ Sebenernya ini juga berkat koko, koko juga salah satu petarung di olimpiade komputer sih, jadi karena keingintahuan saya dan kedekatan saya ama koko akhir nya kenal deh ama pascal. Tapi sayang koko ga pernah sampe nasional, disini emang susah dan jarang sih nyari orang yg kompeten. 😦 Begitu masuk SMA, karena keterbatasan inilah saya lebih sering belajar2 sendiri dan juga buka2 situs yang bagus. Seinget saya yang paling ngefek sih blog nya ce Veni. πŸ™‚ Bulan Desember 2008, saya mengikuti lomba tingkat nasional pertama saya, BNPCHS 2008. Meski llos final, tapi ya bisa ketebak lah ga dapet apa” kecuali pengalaman ama makanan ^^.

Lanjut ke 2009, saya llos ke OSN di Jakarta. Bidang Informatika tempatnya di UI Depok, disinilah saya memulai perjalanan hidup sebagai Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) dengan mendapatkan medali perak. Selesai dari OSN, saya sempet belajar pelajaran sekolah sebentar kira2 1 bulan kemudian dilanjut serangkaian acara HUT sekolah. Selesai HUT sekolah, eh daya dapet undangan Pelatnas 1 di ITB, ya udah ga sekolah selama sebulan lagi. Seneng deh ga sekolah :P. Pelatnas 1 pertama saya, saya ga llus, dapet rank yang jelek pula kl ga salah 24, bodo banget lah tapi wajar aja orang tiap hari pasti maen dota, bahkan tiap malem kamar cempaka 6 dan 7 selalu menyatu :D. Di pelatnas ini saya kenalan ama Arief, dia baik banget mau ngajarin, banyak hal yg saya dapet dari dia . πŸ™‚ Balik ke sekolah, jujur aja, saya males belajar pelajaran skula, dan berhubung bnyk lomba, ya uda dispen aja ikut lomba.

Waktu berlalu, saya ga llus OSK tahun 2010. Nile saya 146, rank 5 disini, yg rank 1 nilenya 190, bener 48 salah 2 kosong nya 0. Seems impossible isn’t it? Secara banyak soal yang cacat. Di daerah laen pun ga gila2 amat, Jakarta Utara rank 1 nya 142, Singaraja 150, Denpasar? Nile segitu udah absolute of absolute winner mestinya :P. Pas OSP terbukti deh, kemana sih tu orang2? Kok ga ada kedengeran kabar, di bidang lain juga ga kedengeran, oh ternyata ga lolos ckckck. Ya sudahlah, anggap hiburan saja *lho?! Meski gara2 ini nasib ku jadi gantung antara bakal dipanggil platnas lagi atau ga. November 2010, yang gw tunggu2 pun dateng, surat undangan pelatnas :). Ga mau sia-siain kesempatan deh, padahal uda rada ikhlas sih kl ternyata ga dipanggil. Pelatnas 1 ini masih mirip ama taun sebelumnya, cuma uda ga ada nge dota tiap hari kyk taon lalu, anak2nya pada rajin2 sih. Jadi sedikit keikut rajin nya deh. Mungkin krn ini jg gw bisa finish di urutan ke 3!! :D.

Februari 2011, Pelatnas 2 TOKI 2011 di ITS Surabaya. Akhirnya gw bisa juga llos ke tahap 2. Dsini tidur nya enak banget, tiap kamar ada kulkas nya, tempat tidurnya juga bagus meski ga ada guling sih. Tapi yg jelek itu kl udah masuk kamar ga dapet sinyal :(. Lanjut ke hal teknis nya, template slama platnas ini pagi materi, siang-sore latian. Disini terjadi perang dingin, ga ada 1 pun peserta yang diskusi! Ya mw gimana lagi, orang emang dilarang, ngobrol aja dilarang. Aaaaaaarrrggghh, stress parah lah pokoknya. Meskipun gitu gw bnyk belajar hal baru, mule dari hal kecil sampe algo kul macam BIT atau yang lebih β€˜dikenal’ dengan nama Fenwick Tree. πŸ˜› Disini gw n temen2 ngelahap habis buku β€œCompetitive Programming”. Di akhir acara, seperti biasa lah, pembacaan peringkat dan yang llos ke tahap 3. Puji Tuhan banget deh, gw bisa finish di rank 1! πŸ˜€

April 2011, Pelatnas 3 TOKI 2011 di UI Depok. Pelaksanaannya persis setelah UN. Awal2 ke Depok mood gw blm bisa balik ke ngoding, untung ada latian 1 a.k.a. pemanasan, lumayan lah ngebalikin mood. Jeda antara Pelatnas 2 ama 3 ini bisa dibilang singkat banget bagi para kelas 3, soalnya pada persiapan UN sih, dan gw cuma smpet latian bbrp kali doank yang bisa diitung jari lah jumlahnya. Lagian gw masih rada bangga ama hasil platnas sebelumnya. Ckckck ga bner banget. =.= Di pelatnas 3 ini, gw meramalkan bakalan terjadi perang dingin sedingin-dinginnya, soalnya smua peserta masih pnya chance utk jadi 4 besar, ga kayak taon lalu yang 4 besar nya imba. πŸ˜› Tapi ternyata gw salah besar! Semua nya pada friendly, asik banget malah lebih hangat drpd platnas 2. Kl ada hal yg ga ditauin, yg tau juga ga segan2 bagi ilmunya, jadi semua saling member dan menerima. Wah asik banget dah pokoknya, apalagi ditambah makanan yang selalu dateng tanpa henti padahal makanan sebelumnya masih ada. (ini bisa dibilang asik ato nyengsarain ya? :P) Selama pelatnas 3 ini, peserta ngikutin APIO (Asia-Pasific Informatics Olympiad), olimpiade yang tingkat Asia-Pasifik nya. Disini Indo cuma dapet 1 medali perak a.n. William Gozali. Dan gw? Cuma menjadi penghibur aja kali ya.. 😦 padahal APIO ini salah satu simulasi, tapi nile gw jelek banget. Parah banget gw ngerjain simulasi di platnas 3 ini, dari 3 kali simulasi, gw 3 kali rank 5. Tapi untungnya, dari 3 kali quiz gw dapet 2 kali rank 1. πŸ˜€ Untuk latian ama repeating, nile gw lumayan lah, ga bagus juga ga jelek. O iy, disini pak Yugo sempet menjamu kita dengan kopi yang sangat enak nya. πŸ˜€ Hari terakhir pun dateng. Kita dikumpulin ke satu ruangan untuk pengumuman. Petinggi2 udah pada ngumpul semua tuh, sementara gw makin dag-dig-dug aja nih. Jadi keinget malem sebelumnya gw ga bisa tidur tenang dengan kegalauan yang sama. >.< Yah tapi apapun yang terjadi, hal yg bisa gw otak-atik uda ga ada lagi. So, gw pasrahkan ke Tuhan aja segalanya. Detik-detik pengumuman parah banget dah, ko Karol yang ngumumin. Dan jeng jeng jeng jeng. Peringkat 1 dengan 67% adalah . . . Muncul foto close-up Karol Danutama!! Gila parah, gw ketawa pas itu, padahal dah pernah tau lelucon itu. Bner deh ko Karol hebat ngontrol suasana. Hho. Baru skrg hasil benernya keluar. Dan gw bersyukur banget, gw llus jadi tim Indo di IOI2011! πŸ˜€ meskipun agak down juga sih krn rank gw turun dari 1 jadi 4. But, It’s not over yet. Thailand and Singapore still awaits me! πŸ™‚ Info yang lebih lengkap bisa diliat di sini

Yah, mungkin baru segitu kisah perjalanan di dunia olimpiade gw. Bntar lagi gw bakal berjuang untuk terakhir kalinya di dunia pemrograman SMA dengan membawa nama Indonesia. Moga2 aja Garuda bisa terbang dengan perkasanya di Thailand nanti. Amin.

Terus, apa hubungan dengan sekolah? Ya coba aja dipikir deh, kl gw itung2, semester 1 kelas 2 Cuma masuk sekitar 2,5 bulan, semester 2 kelas 2 sekitar hampir 2 bulan disini gw ada ikutan PSR sih, kelas 3 semester 1 masuk 3 bulan, kelas 3 semester 2 mungkin cuma 1,5 bulan. Mungkin ada yang ga pas, tapi intinya gw dikit banget dapet blajar di skulah. Dan kebayang ga sih sejauh apa ketinggalan pelajarannya? Yang pasti jauh banget lah. Cuma mnurut gw pribadi, lebih mending gw ga ikutan pelajaran dan nglakuin apa yang hati gw suruh daripada gw blajar tekun dikelas yg brarti gw nglakuin hal yang ga sesuai ama kata hati, ga bakal bagus hasilnya kl maksa. Dan toh, Tuhan pasti akan memberikan jalan seasalkan kita mau dan berusaha πŸ˜‰

Wew. Ga terasa uda panjang banget. Gw ucapin terima kasih deh bagi yang mau ngebaca sampe akhir ini :). Sedikit referensi dari perjuangan temen gw di dunia β€˜olimpiade’ yang lebih berat tantangannya, Cacatan Mr.Hard. Gw mw pesen bagi kalian adik2 kelas yang mau mendalami dunia olimpiade dan mungkin akan terhalang dengan sekolah kalian, β€œNever give up, do what your heart says, believe in Him, and Everything’s gonna be okay ;)” sampai jumpa di postingan berikutnya!

~ Hoping for the Best by Anticipating the Worst ~

Final NPC 2010

Awalnya ga nargetin apa-apa, hadiah aja baru tau pas final. Bersyukur deh bisa rank 1, artinya gwa slalu mnang dari reinhart di lomba berduit. πŸ˜€

Overall babak final jauh lebih bagus pelaksanaannya dibanding babak penyisihan. Ya wajar sih, soal nya ga dibuat sendiri dengan tidak matang kyk babak penyisihan, jadi lebih mateng krn uda diuji. Langsung aja deh ke soal, dari 7 soal ada 4 soal gampang (bnyk yg solve 4). Gw solve 5 sih, tapi ga baca 2 soal gara2 mikir terlalu ribet. >.<

Soal Final NPC 2010

A : String LD
Simulasikan saja, tapi hati2 dengan mengecek string duplikat, jangan dibandingkan 1 per 1 tiap menghapus (O(n*n)) krn akan TLE. Bisa dengan membalik string kemudian di sort sehingga membandingkannya cukup melihat string sebelumnya (O(1)). Bagi pengguna STL cukup menggunakan Map (O(log n)) saja.

B : Menggambar
Solusi saya membuang 1 per 1 warna yg membentang penuh dari kiri ke kanan atau atas ke bawah. Tiap kali warna dibuang itu berarti panjang atau lebar nya menyusut. lakukan ini sampai warna habis. Awalnya solusi saya bukan membuang, tapi menghapus sehingga warna di bwahnya yg akan terlihat, dan ternyata cara ini menghabiskan banyak waktu saya karna ribet sekali sampai2 saya menggunakan set, vector, map, iteratornya dan pair. =.=
Solusi saya sedikit berbeda dengan reinhart yg mencari level utk setiap warna.

C : Circle Artwork
Salah satu soal yg ngga gw baca saat lomba karena membaca namanya dan ada kata2 lingkaran yg kedalam membuat gw membayangkan soal2 graf yg aneh2. Tapi setelah dibaca pun gwa ga ngerti soalnya. blm bisa ngasih solusi untuk soal ini =.=

D : Encrypted SMS
Agak bingung meresapi ini soal, tapi bisa dimengerti kuq .. Tinggal simulasikan saja.

E : Locomotive
Ini soal blm smpet gwa baca sampe skrg, gara2 panjang banget. (pnjlasan hmpir 1 halaman, i/o 1 halaman lebih) =.=

F : Kue Pizza
G tau gwa salah dmn, algo dari submission ke 2 padahal sama, tapi di submission ke 4 baru acc. =.=
Berhubung input hanya bisa 1/4, 1/2, 3/4, simpan saja jumlah nya kemudian hitung dengan mengurangi. 3/4 pasti butuh 1 pizza, dya juga menyisakan 1/4 pizza, maka yg ingin 1/4 dapat mengambil bagian ini. kemudian yg ingin setengah jika berjumlah ganjil akan menyisakan 1/2 pizza, yg berarti 2 org yg ingin 1/4 bisa ambil dari pizza ini. maka akan didapat formula (jml(3/4) + floor(jml(1/2) / 2) + ceil((sisa jml(1/4) dari pnjlasan diatas) / 4).

G : Papan Hexagonal
Ga isa one shot ac gara2 lupa nge-enter .. =.=
Solusi gwa krn ga nemu polanya sih bikin array 2d sebesar 4*n – 1 masing-masing.. trus isiin aja dari tengah dan kekiri/kekanan pake ‘_’, ke kiri dan ke kanan sebanyak ganjil pake ‘/’ ato ‘\’.

overall performance gwa agak mengecewakan, di menit2 awal super ga tenang, begitu tenang ac 4 soal nya cepet, lgsg ga tenang lagi .. huuffft, syukur masih ada hokhi dan berkat Tuhan. πŸ™‚

Hello World !!

Hi all !!

This is my first post. I write it in English, but probably I will write it in Indonesian (or even Indo-English) for the next posts. Probably, my posts will be mostly about programming, although I’m just a green coder in TopCoder (which means there are a lot of better programmers than me). So, feel free if you want to criticize or give me advice.

If you want to know more about me, just click the “about me” button πŸ™‚

Douzo yorushiku onegaishimasu !!

By lintaor1 Posted in Other